PERSONAL BLOG BAGUS VIRGIAWAN as Indonesian Blogger - http://bagusoutsiders.blogspot.com
SELAMAT DATANG DI BLOG PARA OUTSIDERS LADY ROSE DAN SENI BUDAYA, INDONESIA

Kamis, 25 Februari 2010

Teater Tari Jawa Timur Tampil di GKJ

JAKARTA, KOMPAS.com--Teater tari yang mengangkat vokabuler gerak dan musik Jawa Timuran yang diangkat dari sejarah Majapahit berjudul Paregrek akan tampil di Gedung Kesenian Jakarta pada Kamis 18 Februari 2010.

"Pada saat ini pagelaran teater serupa sudah jarang digelar di Jakarta," kata produser pagelaran, Kumotatih Kushardjanto di Jakarta, Selasa.

Acara tersebut digagas oleh produser dan pengembang program berbasis seni budaya Indonesia dan paguyuban pecinta seni Jawa Timuran (PPSJT) dengan tujuan memperkenalkan kembali dan mengangkat kesenian Jawa Timur yang kini jarang ditampilkan maupun digali.

Karya tersebut disutradarai oleh koreografer senior Elly D Luthan yang dikenal gigih dalam memperjuangkan keberlanjutan seni tari tradisi dan ingin berbagi bahwa seni tari tradisi dapat dinikmati dan diapresiasi berbagai kalangan.

Pagelaran ini juga didukung oleh penampilan khusus dari ikon teater tradisi atau ludruk asli Jawa Timur, Cak Kartolo dan kawan-kawan.

Selain itu, pentas juga diperkuat dengan komposisi karawitan Joko Porong sebagai penata musik, Nanang Hapa sebagai penulis naskah serta para penari gabungan paguyuban pecinta seni Jawa Timuran.

Acara tersebut juga merupakan pentas amal dimana sebagian pemasukan dari penjualan undangan pagelaran akan disumbangkan bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan.

Paregreg sendiri berarti perang yang tak berkesudahan. Berangkat dari kisahs ejarah di era kerajaan Majapahit, sutradara mencoba mengangkat dari sudut pandang rakyat kecil yang terpaksa berdiri di tengah-tengah berkecamuknya konflik para pemimpin.

"Pada saat ini kesenian ludruk di Jawa Timur masih eksis meskipun tertatih-tatih, apabila tidak dikembangkan maka akan masuk ke dalam kategori kesenian yang mulai langka," katanya.

Comments :

0 komentar to “Teater Tari Jawa Timur Tampil di GKJ”

Posting Komentar

  • Jelajah Indonesia
  • SUPERMAN IS DEAD

    RED MANGO INDONESIA

    SEKILAS PANDANG



    Saturday, December 5, 2009 = Denpasar (BEN n BERT ADRENALINE PARK Trial Games Competition). Tuesday, December 8, 2009 = Seminyak, Bali (Kudeta Staff Party (PRIVATE PARTY)

    Thursday, December 10, 2009 = Jakarta (MTV Studio Abbey Road)

    Saturday, December 12, 2009 = Jakarta (Perayaan Hari Hak Asasi Manusia 2009 "Menemuka...n Indonesia Dalam Perbedaan") Lokasi: TAMAN ISMAIL MARZUKI (TIM) Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat.



    PENGINGAT WAKTU

    SPESIFIKASI

     

    Followers

    Copyright © 2009 by Bagus Virgiawan
    Themes : Magazine Style by Blogger Magazine